Tim Fire and Rescue, Selalu Siaga dalam Segala Situasi

Asap perlahan keluar dari sebuah bangunan. Hawa panas terasa, lalu muncul api yang dengan cepat melalap kayu-kayu di depan bangunan. Burung-burung yang berada di sekitar bangunan itu pun beterbangan ke segala penjuru. Langit sore yang cerah tertutup asap hitam pekat. Telah terjadi kebakaran di salah satu area di tambang Batu Hijau. Tak lama berselang, suara sirine meraung-raung. Konvoi ambulan, rescue truck, dan fire truck merapat ke lokasi kebakaran. Lima orang berseragam hijau dengan peralatan lengkap dengan sigap mengeluarkan selang dari truk. Dengan gerakan taktis dan penuh perhitungan, mereka mendekat ke bangunan yang terbakar. Dua orang mendobrak pintu lalu masuk ke ruangan. Dalam hitungan menit, mereka berhasil mengeluarkan korban.

cover04

Situasi tersebut bukanlah kebakaran sesungguhnya. Itu adalah simulasi pemadakam kebakaran yang sedang digelar oleh tim Fire and Rescue Service PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT). Dalam simulasi itu tim fire and rescue diperintahkan menyelematkan korban yang terjebak di ruangan dan tidak sadarkan diri. Api yang membakar bangunan juga harus bisa dipadamkan. Mereka hanya diberi waktu 12 menit untuk menyelesaikan simulasi itu.

Untuk menangani kebakaran dalam simulasi itu, para firefighter berbaris sejajar. Orang yang berada paling depan menyemprotkan air bertekanan tinggi ke sumber api hingga membentuk semacam tirai air. Tim harus kompak dan bekerja dengan cepat. Suhu titik api bisa mencapai 700 derajat Celcius. Kalau tirai air bocor, api bisa menjilat sang firefighter. Air yang disiram ke sumber kebakaran juga tidak boleh terlalu banyak karena justru akan membuat suhu udara semakin panas.

Beraksi memadamkan api

Beraksi memadamkan api

Tim fire and rescue yang dipimpin oleh Pak Wawan Syafanuddin ini memiliki peran penting bagi PT NNT. Mereka disiapkan untuk bertindak sigap pada kondisi darurat. Tidak hanya kasus kebakaran, tim ini juga sanggup mengatasi kecelakaan kerja seperti alat berat yang terguling atau pekerja yang pingsan di lokasi tambang. Mereka dibekali kemampuan fire fighting, rope rescue, water rescue, jungle rescue, dan prosedur medis dasar.

Saat ini ada 47 personel yang tergabung dalam tim fire and rescue. Secara bergiliran mereka ditempatkan di empat posko, yaitu di Pelabuhan Benete, townsite, pabrik pengolahan atau konsentrator, dan Mine Maintenance Area. Tim ini selalu siaga 24 jam sehari di empat lokasi tersebut. Mereka dibekali peralatan lengkap seperti tabung berisi udara bertekanan yang disebut self-contained breathing apparatus sebagai alat bantu pernapasan saat beraksi, pakaian tahan api, helm dan masker pelindung, hingga kendaraan operasional seperti ambulan, rescue truck, dan fire truck.

Sebagian besar personel tim fire and rescue adalah warga lokal di sekitar tambang. Jamaludin misalnya, warga asli Sekongkang itu sudah tiga tahun bertugas di tim fire and rescue. Setelah melalui proses rekrutmen, mereka diberi pendidikan dan pelatihan di bidang fire and rescue. Secara berkala mereka juga melakukan simulasi berbagai macam kasus serta latihan fisik. Dengan segala persiapan tersebut, diharapkan tim fire and rescue dapat bertindak dengan cepat dan tepat saat terjadi kondisi darurat.

Menurut Pak Wawan, tim fire and rescue PT NNT ini tidak hanya bertugas di dalam area tambang Batu Hijau. Mereka berkoordinasi dengan pemadam kebakaran Kabupaten Sumbawa Barat. Saat terjadi kebakaran di lingkungan masyarakat, tim ini turut membantu memadamkan api. Mereka juga mengadakan pelatihan kepada warga lingkar tambang mengenai langkah-langkah penyelamatan saat terjadi kebakaran di rumah.

Evaluasi pasca simulasi

Evaluasi pasca simulasi

Dalam kegiatan simulasi di fire ground itu, tim fire and rescue juga berbagi tips kepada peserta bootcamp. Salah seorang firefighter, Pak Markus Erik, memberi informasi cara menyelamtkan diri saat terjadi kebakaran di rumah atau gedung. “Media penghantar kebakaran adalah asap. Kebakaran yang terjadi di lantai satu dapat berpindah dengan cepat ke lantai tiga karena asap membawa gas panas. Kalau di atasnya ada material yang mudah terbakar, api akan segera merembet ke sana. Asap cenderung naik. Kalau kita terjebak di dalam rumah, segeralah menunduk, lalu jalan jongkok atau merayap mencari jalan keluar dari ruangan. Jangan panik”, pesan Pak Markus.

Pada dasarnya, tim fire and rescue diharapkan tidak perlu bekerja. Kalau mereka bekerja, itu artinya terjadi kecelakaan atau kondisi darurat. Namun demikian, tim fire and rescue ini telah terbukti mampu mengatasi tantangan yang datang. Saat terjadi kebakaran besar di dekat area Santong atau kolam pengendapan, tim fire and rescue sanggup bekerja efektif. Api yang tingginya melebihi tiang listrik dapat segera diatasi. Di lingkup nasional, tim fire and rescue PT NNT menjadi tim terbaik dan mendapat medali emasi dalam Indonesian Fire Rescue Competition and Challenge pada tahun 2013 dan 2015. Kompetensi yang mumpuni dan respon yang cepat atas suatu situasi darurat menjadi modal utama tim fire and rescue dalam menjalankan tugasnya di tambang Batu Hijau. Seperti tagline yang tertulis di fire ground: “proud to response quickly and safely”.

(AK)

Bagian dari simulasi kebakaran

Bagian dari simulasi kebakaran

Suasana simulasi kebakaran di fire ground

Suasana simulasi kebakaran di fire ground

Bekerja sama menyelesaikan tantangan

Bekerja sama menyelesaikan tantangan

Newmont Fire Emergency Service

Newmont Fire Emergency Service

Pak Markus Erik, salah seorang firefighter andalan

Pak Markus Erik, salah seorang firefighter andalan

Proud to response quickly and safely

Proud to response quickly and safely

12 Comments

  1. Salut utk tim fire & rescue dr newmont. Mereka siap siaga dan telah teruji

    • iya, mas didik..siaga dalam segala suasana

  2. Hati ku juga mau di ketuk sama 2 orang itu, dah lama membeku kedinginan sendiri. Sudah saat nya 3 some #GagalFokus

    • apalagi diketuk di tengah api yang sedang membara ya mascum..uwoooo

  3. Aku ngeri melihat saat para ksatria berbaju hijau itu masuk ke dalam api yang berkobar :)

    • Iya, Bu Evi.
      Sebelumnya mereka sudah dibekali dengan skill dan knowledge yang memadai, jadi bisa bekerja dengan aman dan efektif

  4. Berasa kayak lagi di set film buat syuting ya :)) #GagalFokus

    • Apalagi ada tokoh kayak Pak Markus ya dee..hahaha

  5. Lebih tertarik buat liatin hasil jepretanmu,bang. Nice pictures. Apalagi foto close up-nya Pak Markus.

    • Salah fokus jadi lebih memperhatikan Pak Markus ya..hahaha

  6. Ada contoh case kebakaran yang paling parah gitu gak selama di NNT ini?
    They look so badass!!

    • Ada kok, tahun kemarin ada kebakaran besar di dekat kolam penampungan Santong
      Apinya hingga mencapai setinggi tiang listrik. Bisa ditangani dengan baik oleh tim badass ini
      seru sih denger cerita dari mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *