Ritawati, Sang Penakluk Haul Truck

Truk-truk raksasa berwarna kuning lalu lalang di sepanjang jalur yang melingkari pit atau lubang tambang. Kendaraan itu mengangkut batuan dari area tambang lalu dikumpulkan ke crusher, atau mesin penghancur untuk diproses lebih lanjut di pabrik pengolahan. Tak tanggung-tanggung, sekali angkut kendaraan yang dikenal dengan istilah haul truck itu sanggup membawa muatan seberat 240 ton. Dengan dimensi tinggi mencapai 6 meter, lebar 7,5 meter dan panjang 13 meter serta bobot mati mencapai 383 ton, siapa yang tidak ngeri berada dekat-dekat dengan monster ini.

nnt_01cover

Namun, tidak demikian dengan Ritawati. Dara berusia 25 tahun itu adalah salah seorang operator yang kesehariannya berada di balik kemudi haul truck. Profesi yang lazimnya dijalani oleh kaum pria itu menarik minat Ritawati. Setelah melalui serangkaian seleksi dan pelatihan, dia dipercaya mengoperasikan haul truck sejak tahun 2013 di tambang Batu Hijau. Status sebagai operator wanita tidak lantas membuat beban kerjanya lebih ringan. Baik operator pria maupun wanita semua mendapat beban kerja yang sama.

Sebelum bekerja di PT Newmont, Ritawati pernah bekerja sebagai pegawai tata usaha di SMPN 3 Poto Tano. Dia juga sempat mengabdi selama tiga tahun di SMPN 1 Sekongkang, kampung halamannya. Jenuh dengan pekerjaan yang bersifat klerikal, Ritawati mencoba tantangan baru dengan profesi yang tak biasa. Saat ada peluang rekrutmen karyawan baru di PT Newmont, Ritawati ikut mendaftar dan diterima.

Proses yang harus dilalui untuk menjadi seorang operator haul truck ternyata tidak mudah. Sebagai calon operator yang belum memiliki pengalaman, Ritawati harus mengikuti program pelatihan di Mine Training. Di sana dia harus mengikuti sesi simulasi dengan mesin simulator yang didesain mirip dengan haul truck. Beragam situasi dan tantangan disiapkan dalam mesin tersebut dan harus bisa dihadapi dengan baik. Setelah dinilai cukup menguasai mesin simulator, barulah Ritawati diperbolehkan mengendarai haul truck dengan didampingi instruktur. Hampir satu bulan penuh pelatihan itu dijalani sebelum dia mendapatkan lisensi untuk mengendarai haul truck.

Pola kerja Ritawati sebagai operator haul truck adalah empat hari bekerja dan empat hari libur. Dalam satu hari kerja, dia mendapat jatah 12 jam kerja. Setiap empat jam, seorang operator diharuskan beristirahat agar tidak kelelahan. Mengendarai haul truck memang membutuhkan konsentrasi tinggi. Kecepatan berkendara pun harus benar-benar diperhatikan. Apabila haul truck melaju dengan kecepatan lebih dari 50 km/jam, alarm peringatan akan berbunyi.

Haul Truck yang sehari-hari dikemudikan oleh Ritawati

Haul Truck yang sehari-hari dikemudikan oleh Ritawati

Tantangan terberat yang dihadapi oleh operator haul truck adalah bekerja di kala hujan. Kondisi medan menjadi licin dan rawan longsor. Jarak penglihatan pun berkurang. Risiko semakin berlipat saat situasi tersebut terjadi pada malam hari. Kewaspadaan menjadi hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap operator. Selama hampir tiga tahun bekerja, Ritawati belum pernah sekalipun mengalami kecelakaan kerja alias zero accident. Dia patuh mengikuti semua prosedur dan peraturan yang ditetapkan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Rupanya slogan perusahaan yang berupa singkatan SGSN menginspirasinya dalam bekerja. SGSN merupakan singkatan dari datang sehat, kerja giat, pulang selamat, hidup nikmat.

“Alhamdulillah, pastinya bangga menjadi seorang operator wanita apalagi bekerja di perusahaan besar seperti PT Newmont ini”, tutur Ritawati. Dengan pekerjaan itu, dia bisa mempunyai penghasilan tetap dengan berusaha sendiri dan bisa ikut membantu perekonomian keluarga. Bungsu dari lima bersaudara ini biasanya memanfaatkan waktu liburnya untuk berkumpul bersama keluarga di rumah sekaligus bersantai setelah melalui jadwal kerja yang padat dan melelahkan. Saat mendapat jatah cuti semesteran, Ritawati biasanya jalan-jalan untuk refreshing. Sesekali dia pergi ke Lombok dan mengunjungi destinasi wisata di sana.

Soal hobi, rupanya gadis yang akrab disapa Itot ini memiliki kegemaran yang berbeda dari wanita lainnya. “ Aku sukanya trabas”, kisahnya. Trabas adalah aktivitas mengendarai motor trail melintasi medan off-road. Dengan motor trail kesayangannya, Ritawati kerap menjelajahi alam liar Sumbawa Barat nan eksostis.

Bersama motor trail kesayangan (dokumentasi  pribadi Ritawati)

Bersama motor trail kesayangan (dokumentasi pribadi Ritawati)

Selain Ritawati, ada tujuh wanita lain yang menjadi operator haul truck. Bersama para operator pria, mereka dikelompokkan ke dalam empat regu yang saling bergantian mengoperasikan sekitar 110 haul truck milik PT Newmont. Para penakluk haul truck ini memiliki peran penting untuk menjaga kelangsungan operasional perusahaan. Mereka memastikan pasokan batuan untuk diproses di pabrik pengolahan senantiasa terpenuhi.

(AK)

Tetap semangat dalam berbagai situasi

Tetap semangat dalam berbagai situasi

Seorang penggemar sego pecel yang hobi jalan-jalan dan berbagi kisah

17 Comments

  1. Salut ama para wanita yg menekuni profesi yg kebanyakan di lakukan oleh para lelaki. Tapi wanita lebih teliti dan hati2.
    Sopir haul truck ini gaji nya gede gede banget #Mau

    • Iya, ternyata kaum hawa memang lebih hati-hati. Selama tiga tahun kerja, Mbak Itok mencapai zero accicent. Salut. Gajinya bisa buat beli motor trail tiap bulan. Wkwkwkwkw

  2. apakah aku harus pergi ke bulan belok ke sumbawa demi bisa beli motor trail sebiji sebulan?

    • buat beli scooter aja, mbak..biar bisa keliling Malang..he5

  3. Horee .. aku pinjem profil-nya si Ito ini di blog ku yaaa :3

    • okay Tim..silahkan dipake aja

  4. Poto km bagus2 mas…. aku sukakkk

    • Makasih, Mas Bram
      he5

  5. See it, feel it, this young lady put all her guts to get her glory. Awesome, and it seems that she enjoy what she is doing. Cool.

    • Yeah, what an inspiring story. There are several woman haul truck driver working in NNT mining area.

  6. Bang, kau tak mau cari calon istri model kak ito itu? Kuat, mandiri, dan tahan banting. #SalutKakIto

    • Skip ngasih balasan komentar..hahahaha
      Anyway, aku salut juga ama semangat kerja para operator wanita itu

  7. Dari semua rilisan Newmont yang kubaca, ini dulu yang tak kasih komentar. 😀
    Inspiring..jadi semangat buat belajar motoran di jalan raya. *eh

    Anyway, not to be sound rude, ada persentase gitu gak sih antara jumlah cewek sm cowok di newmont?

    • Secara umum sih gak ada pembedaan antara karyawan wanita maupun pria. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di sana. Dari pengamatan selama berada di sana, memang karyawan pria lebih banyak sih.

  8. Wah… gak nyangka, ternyata pekerjaan seperti itu juga dilakoni seorang wanita :O

    • Iya, gan. Konon katanya driver wanita malah lebih teliti dan hati-hati dalam mengoperasikan haul truck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *