Akhir Pekan Seru di Ubud

bli01

Ubud dikenal sebagai pusat kebudayaan dan seni di Bali. Kota kecil ini berada di dataran tinggi di bagian tengah Bali dan jauh dari hiruk pikuk wisatawan yang terpusat di bagian selatan pulau. Libur akhir pekan bisa menjadi saat yang tepat untuk berlibur di Ubud. Rehat sejenak dari padatnya rutinitas kerja. Berikut saya rekomendasikan beberapa destinasi yang dapat disambangi selama berada di Ubud.

Museum Antonio Blanco

Antonio Blanco adalah seorang seniman serba bisa berdarah Spanyol. Dia pernah bermain peran dalam bebara film Hollywood. Dia juga mahir bermain sulap. Pada tahun 1952 dia memutuskan pindah ke Ubud dan memulai hidup baru di sana. Antonio Blanco mendapat sepetak tanah dengan rumah berukuran kecil dari Raja Ubud yang bertahta saat itu. Dari rumah mungil itulah dia mulai mengembangkan bakatnya sebagai pelukis. Sekarang karyanya lukisnya sudah mencapai ratusan. Sebagian besar lukisan tersebut disimpan di museum yang dirintis oleh sang maestro. Kini museum itu dikelola oleh anak lelakinya.

Museum Antonio Blanco dibangun dengan memadukan filosofi arsitektur Eropa dan Bali. Pengunjung dapat menikmati karya Antonio Blanco sembari menyimak kisah-kisah menarik yang diceritakan oleh para pemandu yang masih kerabat jauh dari sang pelukis.

Puri Ubud

Puri Ubud merupakan istana sekaligus tempat tinggal bagi Raja Ubud yang sudah bertahta sejak abad ke 8. Hingga sekarang bangunan puri masih ada dan digunakan untuk beragam keperluan. Di salah satu bagian puri, para seniman lokal sering mengadakan latihan gamelan Bali. Bagian halaman puri dan beberapa teras istana terbuka untuk pengunjung, sementara ruang utama puri tertutup.

Pasar Seni Ubud

Ubud merupakan pusat seni dan budaya Bali. Tak heran, di Pasar Seni Ubud tersedia banyak jenis produk kerajinan tangan dan karya seni seperti lukisan atau patung. Berbelanja di tempat ini merupakan pengalaman yang menyenangkan. Wisatawan dapat melihat produk-produk dengan karya seni tinggi dipajang di sepanjang lorong pasar. Harga barang yang dijual relatif terjangkau. Keahlian dalam tawar menawar sangat diperlukan untuk memperoleh kesepakatan harga dengan penjual.

Monkey Forest

Mandala Suci Wenara Wana adalah hutan di tengah kota yang menjadi habitat bagi kera Bali ekor panjang. Di tempat ini mereka dibiarkan bebas berkeliaran. Populasi kera di sini mencapai 600 ekor. Di kompleks hutan ini terdapat makam warga. Makam ini berfungsi sebagai tempat persemayaman jasad sebelum dikremasi dalam upacara Ngaben.


Tulisan ini merupakan bagian dari promosi pariwisata Pesona Indonesia. Seluruh rangkaian perjalanan diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Seorang penggemar sego pecel yang hobi jalan-jalan dan berbagi kisah

1 Comment

  1. Halo salam kenal

    perkenalkan kami dari jeep bro, bromo tour travel yang menyediakan sewa jeep bromo dan paket wisata bromo dengan harga jujur, untuk semua hotel, transportasi & tiket.
    solusi cerdas perjalanan atau teman terbaik perjalanan wisata anda ke bromo.

    cukup dengan biaya servis saja bro 10rb perorang untuk nusantara, 25rb perorang untuk mancanegara, semua harga sudah pasti real.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *